Menikmati Air Terjun Ala Niagara di Kedung Grujuk Sragen

Sabtu, 02 April 2016 - 05:25 WIB
Menikmati Air Terjun Ala Niagara di Kedung Grujuk Sragen
Menikmati Air Terjun Ala Niagara di Kedung Grujuk Sragen
A A A
SRAGEN - Bagi sebagaian besar masyarakat Indonesia pastinya sudah mengenal Air Terjun Niagara. Ya Air terjun yang ada di Benua Amerika itu sangatlah tersohor dan cukup dikenal di berbagai penjuru dunia tidak terkecuali Indonesia. Namun untuk menuju ke Air terjun itu, biaya yang dikeluarkan cukup besar dan tidak semua orang Indonesia mampu untuk mengunjunginya.

Bagi yang tidak kesampaian untuk menuju ke Air Terjun Niagara, tidak perlu berkecil hati. Silahkan datang saja ke Kedung Grujug yang berada di Desa Doyong Kecamatan Miri kabupaten Sragen. di wilayah itu terdapat air terjun yang strukturnya hampir mirip seperti yang ada di Niagara. Hanya saja air terjun itu ukurannya lebih kecil jika dibandingkan dengan yang berada di Kanada itu.

Untuk menuju ke lokasi air terjun, para pengunjung tinggal datang saja ke Kecamatan Miri atau sekitar 25 kilometer ari Kota Solo. Jika ditempuh dari wilayah Sragen Kota, air terjun ini jaraknya sekitar 35 kilometer. Pengunjung bisa datang menggunakan kendaraan pribadi baik roda empat ataupun roda dua. Lokasi air terjun tersebut kurang lebih sekitar satu kilometer dari kantor Camat Miri. Jika kesulitan para pengunjung tinggal tanya saja kepada masyarakat yang berada di sekitar kecamatan.

Akses untuk masuk ke lokasi cukup mudah dengan jalan yang sudah bagus dan bisa dilewati oleh berbagai kendaraan. Hanya saja petunjuk untuk menuju lokasi sangatlah terbatas sehingga para pengunjung harus aktif bertanya kepada masyarakat di sepanjang perjalanan.

Minimnya petunjuk serta perjuangan untuk masuk ke lokasi itu nantinya akan terbayar lunas saat tiba di air terjun. Para pengunjung akan disuguhi keindahaan yang ada dalam air terjun tersebut. Di bagian kanan dan kiri air terjun terdapat struktur batu karang yang membentang beberapa meter. Bentangan batu karang semakin terlihat indah karena pola artistik yang terbuat secara alami oleh air yang mengalir selama ratusan hingga ribuan tahun.

Air yang mengalir juga cukup deras dan menambah keindahan tersendiri yang ditunjukkan oleh Air terjun tersebut. Air yang mengalir tersebut kemudian akan masuk di Waduk Kedung Ombo, lokasi waduk memang tidak terlalu jauh dari air terjun.

Akan tetapi keindahan alam yang disuguhkan tersebut tidak sebanding dengan fasilitas penunjang yang ada. saat ini tidak ada satupun fasilitas yang dibangun untuk pengunjung yang datang. Pasalnya selama ini pemerintah Kabupaten Sragen belum mengelola lokasi itu sebagai obyek wisata yang menarik. Sehingga para pengunjung yang datang harus membawa kebutuhan mereka seperti makanan dan minuman dari luar lokasi.

Warga sekitar, Sumardiyanto, mengatakan selama ini air terjun itu hanya dimanfaatkan warga untuk memancing. Belum banyak masyarakat luar yang datang pasalnya air terjun itu belum dikelola dengan baik oleh pemerintah. Padahal ia yakin lokasi itu sangat menjual untuk dijadikan sebagai tempat wisata.

Sementara itu seorang pengunjung lain, Khaerudin, mengatakan air terjun snagat bagus dan sangat cocok untuk dikunjungi oleh pecinta Fotografi. Spot-spot yang ditawarkan cukup menarik dan masih sangatlah alami. Selain itu biaya masuknya juga masih gratis.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4755 seconds (0.1#10.140)